PROGRAM MAGISTER

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG PROGRAM MAGISTER TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Untuk informasi persyaratan dan prosedur pendaftaran BPPDN 2014, dapat diakses melalui website http://beasiswa.dikti.go.id/dn/

Untuk pendaftar BPPDN Tahun 2014 di Unair harap mendaftar di http://beasiswa.unair.ac.id


NO PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2014 KETERANGAN
GASAL GENAP
1 Ilmu Forensik 5 5 Dibuka Gasal Gel.III
2 Ilmu Kedokteran Dasar, dengan minat studi: 40 - Dibuka Gasal Gel.III
- Biologi Kedokteran    
  - Anatomi Histologi    
  - Ilmu Faal    
  - Ilmu Biokimia    
  - Kedokteran Laboratorium    
  - Farmakologi    
  - Patobiologi    
  - Mikrobiologi    
  - Parasitologi    
  - Ilmu Kedokteran Hiperbarik & Penyelaman    
3 Ilmu Kedokteran Tropis 15 - Dibuka Gasal Gel.III
4 Imunologi 28 7 Dibuka Gasal Gel.III
5 Ilmu Kesehatan Olahraga 20 - Dibuka Gasal Gel.III
6 Ilmu Kesehatan Reproduksi 20 - Tidak Dibuka Gasal Gel.III
7 Ilmu Kesehatan Gigi 20 10 Dibuka Gasal Gel.III
8 Ilmu Hukum 70 70 Dibuka Gasal Gel.III
9 Kenotariatan 100 100 Dibuka Gasal Gel.III
10 Sains Hukum dan Pembangunan 15 15 Dibuka Gasal Gel.III
11 Ilmu Ekonomi 20 20 Dibuka Gasal Gel.III
12 Magister Manajemen 75 75 Tidak Dibuka Gasal Gel.III
13 Sains Manajemen 25 25 Tidak Dibuka Gasal Gel.III
14 Sains Ekonomi Islam 30 - Dibuka Gasal Gel.III
15 Akuntansi 70 70 Tidak Dibuka Gasal Gel.III
16 Ilmu Farmasi 30 10 Dibuka Gasal Gel.III
17 Farmasi Klinik 30 - Dibuka Gasal Gel.III
18 Ilmu Biologi Reproduksi 20 15 Dibuka Gasal Gel.III
19 Ilmu Penyakit Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner 20 15 Dibuka Gasal Gel.III
20 Agribisnis Veteriner 20 15 Dibuka Gasal Gel.III
21 Vaksinologi dan Imunoterapetika 15 10 Dibuka Gasal Gel.III
22 Kebijakan Publik 20 - Dibuka Gasal Gel.III
23 Hubungan Internasional 10 10 Dibuka Gasal Gel.III
24 Ilmu Politik 20 - Dibuka Gasal Gel.III
25 Sosiologi 20 - Dibuka Gasal Gel.III
26 Media dan Komunikasi 50 - Dibuka Gasal Gel.III
27 Pengembangan Sumber Daya Manusia 15 15 Dibuka Gasal Gel.III
28 Biologi 20 10 Dibuka Gasal Gel.III
29 Kimia 10 10 Dibuka Gasal Gel.III
30 Ilmu Kesehatan Masyarakat 70 - Tidak Dibuka Gasal Gel.III
31 Keselamatan dan Kesehatan Kerja 12 13 Tidak Dibuka Gasal Gel.III
32 Kesehatan Lingkungan 20 - Tidak Dibuka Gasal Gel.III
33 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, dengan minat studi: 70 - Dibuka Gasal Gel.III
  - Manajemen Kesehatan (MK)      
  - Manajemen Administrasi Rumah Sakit (MARS)      
  - Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK)      
  - Manajemen Pemasaran & Keuangan Pelayanan Kesehatan (MPKPK)      
34 Epidemiologi 25 - Dibuka Gasal Gel.III
  - Manajemen Surveilans Epidemiologi dan Informasi Kesehatan (MSIK)      
  - Epidemiologi      
  - Epidemiologi Lapangan      
35 Kajian Sastra dan Budaya 25 - Dibuka Gasal Gel.III
36 Sains Psikologi 30 - Dibuka Gasal Gel.III
37 Perubahan dan Pengembangan Organisasi 10 - Dibuka Gasal Gel.III
38 Magister Profesi Psikologi 45 - Tidak Dibuka Gasal Gel.III
39 Keperawatan 40 - Tidak Dibuka Gasal Gel.III
40 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan 10 10 Dibuka Gasal Gel.III
41 Kajian Hak Atas Kekayaan Intelektual 8 7 Dibuka Gasal Gel.III
42 Kajian Ilmu Kepolisian 10 10 Dibuka Gasal Gel.III
43 Teknobiomedik 5 5 Dibuka Gasal Gel.III
44 Manajemen Bencana 5 5 Dibuka Gasal Gel.III
45 Ilmu Linguistik 20 Dibuka Gasal Gel.III
46 Double Degree Master in Management (DDIP) (Indonesia-France) 5 - Tidak Dibuka Gasal Gel.III
Lampiran Keputusan Rektor Universitas Airlangga
Nomor : 175/UN3/2014 Tanggal 16 Januari 2014
Tentang Daya Tampung Program Pendidikan Magister (S2)
Universitas Airlangga Tahun Akademik 2014/2015

BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM MAGISTER
TAHUN AJARAN 2014/2015
SUMBANGAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (SOP) DAN
SUMBANGAN PEMBINAAN DAN PENINGKATAN PENDIDIKAN (SP3)
PROGRAM MAGISTER BAGI MAHASISWA INDONESIA
NO PROGRAM STUDI SOP
(RP)
SP3
(RP)
MATRIKULASI KETERANGAN
1 Ilmu Kedokteran Dasar, dengan minat studi: 6.000.000 6.000.000
- Biologi Kedokteran
- Anatomi Histologi
- Ilmu Faal
- Ilmu Biokimia
- Kedokteran Laboratorium
- Farmakologi
- Patobiologi
- Mikrobiologi
- Parasitologi
- Ilmu Kedokteran Hiperbarik & Penyelaman
2 Ilmu Kedokteran Tropis 6.000.000 6.000.000
3 Ilmu Forensik 6.000.000 10.000.000
4 Imunologi
Kelas Reguler 6.000.000 7.500.000
Kelas Kerjasama(Unlam) 8.000.000 10.000.000
5 Ilmu Kesehatan Reproduksi 6.000.000 6.000.000 6.000.000
6 Ilmu Kesehatan Olahraga 6.000.000 6.000.000
7 Keperawatan 6.500.000 15.000.000 2.000.000 Biaya Matrikulasi hanya untuk mahasiswa selain sarjana keperawatan
8 Ilmu Kesehatan Gigi 6.000.000 7.500.000 5.000.000
9 Ilmu Hukum, dengan minat studi:
Hukum Bisnis; Hukum Pemerintahan; Peradilan
– Kelas Reguler Universitas Airlangga 6.500.000 10.000.000
– Kelas Kerjasama 7.500.000 12.500.000
– Kelas di luar domisili (Jakarta) 12.000.000 10.000.000
10 Kenotariatan 9.000.000 15.000.000
11 Sains Hukum dan Pembangunan
– Kelas Reguler Universitas Airlangga 6.000.000 10.000.000
– Kelas Kerjasama Universitas 8.000.000 12.500.000
12 Sains Manajemen
– Kelas Pagi 7.500.000 7.500.000 3.000.000
– Kelas Sore 8.000.000 7.500.000 3.000.000
13 Akuntansi 7.000.000 7.500.000 2.500.000
Akuntansi (Kerjasama BPKP RI) 12.000.000 7.500.000 2.500.000
14 Ilmu Ekonomi 6.000.000 7.500.000 2.000.000
15 Manajemen
– Kelas sore 8.500.000 7.500.000 3.000.000
– Kelas Akhir Pekan 9.000.000 7.500.000 3.000.000
16 Sains Ekonomi Islam 7.500.000 7.500.000 3.500.000
17 Ilmu Farmasi 7.500.000 7.500.000 2.500.000
18 Farmasi Klinis 7.500.000 7.500.000
19 Ilmu Biologi Reproduksi 4.000.000 7.500.000
20 Ilmu Penyakit Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner 4.000.000 7.500.000
21 Agribisnis Veteriner 4.000.000 7.500.000
22 Vaksinologi dan Imunoterapeutika 4.000.000 7.500.000
23 Ilmu Pengembangan SDM 6.000.000 7.500.000
24 Media Komunikasi 10.000.000 15.000.000 1.000.000
25 Kebijakan Publik 7.500.000 10.000.000
26 Sosiologi 7.500.000 10.000.000
27 Ilmu Politik 7.500.000 10.000.000
28 Hubungan Internasional 7.500.000 10.000.000
29 Biologi 6.000.000
30 Kimia 6.000.000 3.000.000
31 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Linier 7.500.000 5.000.000 -
Non Linier 7.500.000 5.000.000 1.500.000
Non Linier Lulusan D4 9.000.000 5.000.000 1.500.000
32 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 7.500.000 5.000.000 1.500.000 Matrikulasi bagi mahasiswa non linier
33 Keselamatan dan Kesehatan Kerja 8.000.000 6.000.000 2.000.000
34 Kesehatan Lingkungan 8.000.000 6.000.000 2.000.000 Matrikulasi bagi mahasiswa non linier
35 Epidemiologi 7.500.000 5.000.000
36 Sains Psikologi 7.500.000 7.500.000 3.500.000
37 Magister Profesi Psikologi
Alumni 8.500.000 6.000.000 3.500.000
Non Alumni 8.500.000 12.000.000 3.500.000
38 Perubahan dan Pengembangan Organisasi 10.000.000 10.000.000 3.500.000
39 Kajian Sastra dan Budaya 6.000.000 8.000.000
40 Ilmu Linguistik 6.000.000 6.000.000
41 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan 6.000.000 7.500.000 3.500.000 *) *) Hanya bagi mahasiswa yang tidak linier dan lulusan D4
42 Kajian Hak Atas Kekayaan Intelektual 7.500.000 8.000.000
43 Kajian Ilmu Kepolisian 7.500.000 8.000.000
44 Teknobiomedik
Kelas Reguler 7.500.000 8.000.000 3.500.000
Kelas Kerjasama(UNLAM) 8.000.000 10.000.000
45 Manajemen Bencana 7.500.000 8.000.000
UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)
BAGI MAHASISWA PENERIMA BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI (BPPDN) TAHUN AKADEMIK 2013/2014
UNIVERSITAS AIRLANGGA
NO PROGRAM STUDI UKT
(RP)
1 Ilmu Kedokteran Dasar 6.750.000
2 Ilmu Kedokteran Tropis 6.750.000
3 Ilmu Forensik 8.000.000
4 Imunologi 6.750.000
5 Ilmu Kesehatan Reproduksi 6.750.000
6 Ilmu Kesehatan Olahraga 6.750.000
7 Keperawatan 10.250.000
8 Ilmu Kesehatan Gigi 6.750.000
9 Ilmu Hukum 8.000.000
10 Kenotariatan 13.250.000
11 Sains Hukum dan Pembangunan 9.000.000
12 Sains Manajemen 10.500.000
13 Akuntansi 10.000.000
14 Ilmu Ekonomi 9.000.000
15 Manajemen 11.500.000
16 Sains Ekonomi Islam 11.000.000
17 Ilmu Farmasi 9.750.000
18 Farmasi Klinis 9.750.000
19 Ilmu Biologi Reproduksi 6.250.000
20 Ilmu Penyakit Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner 6.250.000
21 Agribisnis Veteriner 6.250.000
22 Vaksinologi dan Imunoterapeutika 6.250.000
23 Ilmu Pengembangan SDM 8.250.000
24 Media Komunikasi 9.250.000
25 Kebijakan Publik 8.000.000
26 Sosiologi 8.000.000
27 Ilmu Politik 8.000.000
28 Ilmu Hubungan Internasional 8.250.000
29 Biologi 5.500.000
30 Kimia 5.500.000
31 Ilmu Kesehatan Masyarakat 9.500.000
32 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 9.500.000
33 Keselamatan dan Kesehatan Kerja 9.000.000
34 Kesehatan Lingkungan 9.000.000
35 Sains Psikologi 9.000.000
36 Magister Profesi Psikologi
A.Internal 9.250.000
B.Eksternal 10.500.000
37 Perubahan dan Pengembangan Organisasi 13.500.000
38 Kajian Sastra dan Budaya 8.000.000
39 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan 7.250.000
40 Kajian Hak Atas Kekayaan Intelektual 10.000.000
41 Kajian Ilmu Kepolisian 10.000.000
42 Teknobiomedik 10.000.000
43 Manajemen Bencana 10.000.000


SUMBANGAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (SOP) DAN
SUMBANGAN PEMBINAAN DAN PENINGKATAN PENDIDIKAN (SP3)
PROGRAM MAGISTER BAGI MAHASISWA ASING TAHUN AKADEMIK 2014/2015
NO PROGRAM STUDI SOP
(RP)
SP3
(RP)
MATRIKULASI KETERANGAN
1 Ilmu Kedokteran Dasar, dengan minat studi: - -
- Biologi Kedokteran
- Anatomi Histologi
- Ilmu Faal
- Ilmu Biokimia
- Kedokteran Laboratorium
- Farmakologi
- Patobiologi
- Mikrobiologi
- Parasitologi
- Ilmu Kedokteran Hiperbarik & Penyelaman
2 Ilmu Kedokteran Tropis - - - -
3 Ilmu Forensik - -
4 Imunologi - -
5 Ilmu Kesehatan Reproduksi 12.500.000 15.000.000
6 Ilmu Kesehatan Olahraga 12.500.000 15.000.000 5.000.000
7 Keperawatan 15.000.000 37.500.000 5.000.000
8 Ilmu Kesehatan Gigi 15.000.000 20.000.000 6.000.000
9 Ilmu Hukum, dengan minat studi:
Hukum Bisnis; Hukum Pemerintahan; Peradilan
– Kelas Reguler Universitas Airlangga 12.500.000 25.000.000
– Kelas Kerjasama 19.000.000 31.500.000
– Kelas di luar domisili (Jakarta) 25.000.000 25.000.000
10 Kenotariatan 19.000.000 31.500.000
11 Sains Hukum dan Pembangunan
– Kelas Reguler Universitas Airlangga    
– Kelas Kerjasama    
12 Sains Manajemen
– Kelas Pagi 19.000.000 20.000.000 7.500.000
– Kelas Sore 20.000.000 20.000.000 7.500.000
13 Akuntansi 15.000.000 15.000.000 6.500.000
14 Ilmu Ekonomi 12.500.000 15.000.000 6.000.000
15 Manajemen
– Kelas Sore 21.000.000 20.000.000 7.500.000
– Kelas Akhir Pekan 22.500.000 20.000.000 7.500.000
16 Sains Ekonomi Islam      
17 Ilmu Farmasi 19.000.000 20.000.000
18 Farmasi Klinis 19.000.000 20.000.000
19 Ilmu Biologi Reproduksi 10.000.000 20.000.000
20 Ilmu Penyakit Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner 10.000.000 20.000.000
21 Agribisnis Veteriner 10.000.000 20.000.000
22 Vaksinologi dan Imunoterapeutika 10.000.000 20.000.000
23 Ilmu Pengembangan SDM     -
24 Media Komunikasi 10.000.000 15.000.000 1.000.000
25 Kebijakan Publik 7.500.000 10.000.000  
26 Sosiologi 7.500.000 10.000.000  
27 Ilmu Politik 7.500.000 10.000.000  
28 Ilmu Hubungan Internasional 7.500.000 10.000.000  
29 Biologi   -
30 Kimia    
31 Ilmu Kesehatan Masyarakat 19.000.000 15.000.000 4.000.000
32 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, dengan minat studi: 19.000.000 15.000.000 4.000.000
- Manajemen Pelayanan Kesehatan
- Manajemen Pemasaran & Keuangan Pelayanan Kesehatan
- Manajemen Kesehatan
- Manajemen Surveilans dan Informasi Kesehatan
- Manajemen Administrasi Rumah Sakit
33 Keselamatan dan Kesehatan Kerja 17.500.000 15.000.000 4.000.000
34 Kesehatan Lingkungan 17.500.000 15.000.000 4.000.000
35 Sains Psikologi 17.500.000 25.000.000 7.500.000
36 Magister Profesi Psikologi 20.000.000 30.000.000 7.500.000
37 Perubahan dan Pengembangan Organisasi 25.000.000 40.000.000 7.500.000
38 Kajian Sastra dan Budaya 15.000.000 20.000.000 5.000.000
39 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan 12.500.000 19.000.000 9.000.000
40 Kajian Hak Atas Kekayaan Intelektual 19.000.000 20.000.000 -
41 Kajian Ilmu Kepolisian 19.000.000 20.000.000 -
42 Teknobiomedik 19.000.000 20.000.000 9.000.000
43 Manajemen Bencana 19.000.000 20.000.000 -
JADWAL KEGIATAN PROGRAM MAGISTER TAHUN AJARAN 2014 / 2015
SEMESTER GASAL GELOMBANG I TAHUN 2014 / 2015
PROGRAM MAGISTER (BPPDN & Non BPPDN)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pembayaran Biaya Ujian 3 Maret - 2 April 2014
Pengisian Form Pendaftaran Online 3 Maret - 4 April 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran
1 - 4 April 2014 Verifikasi berlangsung dari jam 08.00 - 18.00 WIB
Bertempat di Airlangga Convention Center (ACC) Unair Kampus C Mulyorejo Surabaya
Ujian Tulis Bidang Ilmu 5 April 2014 Mag.Profesi Psikologi,
Mag. Ilmu Hukum, Mag. Kenotariatan, Mag.Sains Hukum dan Pembangunan
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 6 April 2014
Wawancara 6 April 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 15 April 2014  
Registrasi Mahasiswa Baru 22 - 23 April 2014

SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN 2014 / 2015
PROGRAM MAGISTER YANG MELAKSANAKAN PROGRAM MATRIKULASI (Non BPPDN)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 12 Mei - 1 Juni 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 19 Mei - 2 Juni 2014
Pengumuman lolos verifikasi online 19 Mei - 2 Juni 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 19 Mei - 4 Juni 2014
Pembayaran Biaya Ujian 26 Mei - 5 Juni 2014
Pelaksanaan Ujian Bid. Ilmu 7 Juni 2014
Pelaksanaan Ujian TPA, B.Inggris 8 Juni 2014
Pelaksanaan Wawancara 8 Juni 2014 Para Peserta Magister harap membawa Ijazah,Transkip, Surat Rekomendasi,Karya Ilmiah dan Persyaratan Khusus sesuai dengan masing-masing Prgogram studi
Registrasi Mahasiswa Baru 23 - 24 Juni 2014
Pengumuman Ujian 18 Juni 2014

SEMESTER GASAL GELOMBANG III TAHUN 2014 / 2015
PROGRAM MAGISTER (BPPDN Dan Non BPPDN)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online
Peserta BPPDN dan Non BPPDN
1 - 15 Agustus 2014 pendaftaran.unair.ac.id
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 2 - 16 Agustus 2014
Pengumuman lolos verifikasi online
2 - 16 Agustus 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 2 - 18 Agustus 2014  
Pembayaran Biaya Ujian 7 - 20 Agustus 2014
Ujian Tulis Bidang Ilmu 23 Agustus 2014
(pukul.14.00)
Mag. Ilmu Hukum, Mag. Kenotariatan, Mag.Sains Hukum dan Pembangunan
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 24 Agustus 2014 Semua Program Studi
Wawancara 24 Agustus 2014 Para Peserta Magister harap membawa Ijazah,Transkip, Surat Rekomendasi,Karya Ilmiah dan Persyaratan Khusus sesuai dengan masing-masing Prgogram studi
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Agustus 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 1 - 2 September 2014



SEMESTER GENAP GELOMBANG I TAHUN 2014 / 2015
PROGRAM MAGISTER
(Non BPPDN)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 22 September - 21 Oktober 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 6 - 22 Oktober 2014
Pengumuman lolos verifikasi online
6 - 22 Oktober 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 6 - 27 Oktober 2014  
Pembayaran Biaya Ujian 20 - 29 Oktober 2014
Ujian Tulis Bidang Ilmu 1 November 2014  
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 2 November 2014
Wawancara 2 November 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 12 November 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 19 - 20 November 2014

SEMESTER GENAP GELOMBANG II TAHUN 2014 / 2015
PROGRAM MAGISTER (Non BPPDN)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 17 November - 5 Desember 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 24 November - 6 Desember 2014
Pengumuman lolos verifikasi online
24 November - 6 Desember 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 24 November - 8 Desember 2014  
Pembayaran Biaya Ujian 1 - 10 Desember 2014
Ujian Tulis Bidang Ilmu 13 Desember 2014  
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 14 Desember 2014
Wawancara 14 Desember 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 23 Desember 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 30 - 31 Desember 2014
PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM MAGISTER
Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah mendapatkan ijin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Lulusan Program Studi S-1/D4 dari PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN-PT (dengan bukti fotokopi Sertifikat Akreditasi Program Studi dari BAN - PT ), dengan bidang keilmuan yang linier dengan persayaratan khusus, dengan menunjukkan bukti berupa Ijazah Asli dan Transkripsi Akademik Asli yang diterbitkan oleh Program S-1/D4 dari PTN/PTS.
  3. Bagi calon yang berstatus PNS atau masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung.

Persyaratan Khusus :
No. Program Studi Persyaratan Khusus
1. Imunologi Lulusan Prodi S-1 :
  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Farmasi
  • Pendidikan Dokter Hewan
  • Kesehatan Masyarakat
  • Biologi
  • Keperawatan
  • Ilmu Gizi
2. Linguistik Lulusan Prodi S-1 :
  • Jurusan Sastra (semua bahasa)
  • Jurusan Pendidikan Bahasa (semua bahasa)
3. Teknobiomedik Lulusan Prodi S-1 :
  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Pendidikan Dokter Hewan
  • Farmasi
  • Keperawatan
  • Kesehatan Masyarakat
  • Teknik Elektro
  • Teknik Fisika
  • Teknik Mesin
  • Teknik Industri
  • Fisika
  • Matematika
  • Biologi
  • Kimia
  • Teknobiomedik atau bidang Sains dan Teknologi lainnya
4. Ilmu Kesehatan Olahraga
  • IPK ≥ 2.75.
  • Lulusan Prodi S-1 atau D-4 yang linier atau yang Kurikulum Prodinya memiliki Mata Ajaran Rumpun Biologi (a.l. Biologi, Anatomi, Fisiologi,Kinesiologi, dan Biomekanik).
5. Ilmu Kesehatan Reproduksi
    * Lulusan Prodi S-1 :
  1. Pendidikan Dokter
  2. Pendidikan Bidan
  3. Keperawatan
    * Lulusan D4 harus mengikuti ujian matrikulasi selama 1 (satu semester)
6. Ilmu Kedokteran Dasar
  • IPK diutamakan 2.75.
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Pendidikan Dokter Hewan
  • Farmasi
  • Keperawatan
  • Kesehatan Masyarakat
  • Pendidikan Bidan
  • Biologi/Kimia/MIPA
  • Tidak menerima lulusan D4.
7. Ilmu Kedokteran Tropis
  • IPK ≥ 2.75.
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Pendidikan Dokter Hewan
  • Farmasi
  • Keperawatan
  • Kesehatan Masyarakat
  • Pendidikan Bidan
  • Biologi
8. Ilmu Kesehatan Gigi Lulusan Prodi S-1 :
  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Farmasi
  • Keperawatan
  • Kesehatan Masyarakat
  • TOEFL ≤ 4.50.
9. Magister Manajemen Lulusan Prodi S-1 : Multi Linier
  • Surat keterangan pengalaman bekerja / Keterangan Usaha (SIUP)
    Dengan uraian tugas pekerjaan saat ini (meliputi lingkup pekerjaan, tugas dan tanggung jawab pada pekerjaan saat ini, serta gambaran posisi saat ini dalam struktur organisasi)
  • Telah bekerja minimal 6 bulan setelah lulus S1.
  • Surat Ijin untuk mengikuti pendidikan Magister Manajemen dari perusahaan tempat bekerja
  • Fotocopy Sertifikat TOEFL (Institutional / Internasional) (bila ada)
  • Menyusun karangan pendek (tidak kurang dari 300 kata) tentang (pilih salah satu) : 1. Makna Sukses bagi saya. 2.Persoalan bisnis terbesar saat ini
  • Download Persyaratan Khusus MM << Download
  • Mohon Semua berkas dikirim ke Gedung Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis JL. AIRLANGGA 4-6 Surabaya pada hari kerja jam 08-00- 20.00 WIB (Telp.031-5011956/7 ext.204)
10. Media Komunikasi
    Bagi yang tidak linier wajib mengikuti Program Matrikulasi dengan sayarat dan ketentuan yang berlaku.
11. Kimia
  • Lulusan S1 Bidang Kimia sains.
  • Lulusan S1/D4 Bidang lain yang relevan bidang kimia wajib mengikuti Program Matrikulasi .
12. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Bagi yang tidak linier (bukan S.KM/Dokter) wajib mengikuti Program Matrikulasi
  • Tidak tuna daksa/netra/rungu/wicara dan tidak buta warna total/parsial dengan surat keterangan dokter
  • Bagi Lulusan D4 harus mengikuti Matrikulasi Non Liner dan Matrikulasi D4.
13. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterma wajib mengikuti kuliah pra program dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Tidak tuna daksa/netra/rungu/wicara dan tidak buta warna total/parsial dengan surat keterangan dokter
14. Kesehatan Lingkungan
  • Bagi yang tidak linier wajib mengikuti Program Matrikulasi
  • Tidak tuna daksa/netra/rungu/wicara dan tidak buta warna total/parsial dengan surat keterangan dokter.
15. Keperawatan
  • Bagi Lulusan dari Prodi S-1 Bidang Kesehatan harus memiliki Ijazah D3 Keperawatan dan bekerja di bidang keperawatan , Wajib mengikuti matrikulasi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Bagi mahasiswa asing wajib mengikuti matrikulasi.
16. Ilmu Hukum
  • Lulusan S1 Ilmu Hukum dengan akreditasi minimal B pada tahun kelulusanya dibuktikan dengan ijazah.
  • Masa studi minimum 3.5 tahun atau 7 semester.
17. Kenotariatan
  • Lulusan S1 Ilmu Hukum dengan akreditasi minimal B pada tahun kelulusanya dibuktikan dengan ijazah.
  • Masa studi minimum 3.5 tahun atau 7 semester.
18. Magister Profesi Psikologi
  • Lulusan Prodi S-1 Psikologi
  • Tidak buta warna/trikomasi/dikromasi/monokromasi, tidak "low vision" dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter
  • Memiliki pendengaran normal (tidak "hearing impairment dan deaf") dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter
19. Magister Perubahan dan Pengembangan Organisasi
  • Multi Linier.
  • IPK ≥ 2.75.
  • Sedang/pernah bekerja minimal 6 bulan dalam 1 institusi.
20. Farmasi Klinis
  • Lulusan Profesi Apoteker (dibuktikan dengan ijasah apoteker asli dan transkip akademik asli)
  • Terkreditasi BAN-PT minimal B dibuktikan dengan sertifikat.
21. Ilmu Farmasi
  • IPK S1 diutamakan ≥ 2.75 atau yang setara.
  • Diutamakan memiliki ELPT/TOEFL LIKE minimal 450.
  • Terkreditasi BAN-PT minimal B dibuktikan dengan sertifikat.
  • Bidang Keilmuan yang linier : Farmasi, Kimia, Biologi, Teknik Kimia.
  • Khusus minat studi Kebijakan dan Manajemen Farmasi diutamakan lulusan Profesi Apoteker.
22. Agribisnis Veteriner
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Peternakan
  • Pendidikan Dokter Hewan
  • Biologi
  • Perikanan
  • Pertanian
  • Ekonomi
    Lulusan Prodi D-4 :
  • Peternakan
  • Kesehatan Ternak
23. Ilmu Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Kedokteran Hewan
  • Peternakan
  • Perikanan
  • Biologi
    Lulusan Prodi D-4 :
  • Peternakan
  • Kesehatan Ternak
24. Ilmu Biologi Reproduksi
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Peternakan
  • Kedokteran Hewan
  • Biologi
  • Perikanan
  • Pertanian
    Lulusan Prodi D-4 :
  • Peternakan
  • Kesehatan Ternak
25. Vaksinologi dan Imunoterapeutika
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Dokter Hewan
  • Kimia
  • Farmasi
  • Biologi
  • Perikanan
  • Peternakan
26. Biologi
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Biologi
  • Pertanian
  • Perikanan
  • Kesehatan
  • Kedokteran
  • Pendidikan Biologi
27. Administasi dan Kebijakan Kesehatan
    Minat Studi Administrasi Rumah Sakit :
  • Memiliki pengalaman kerja di rumah sakit pada bidang manajemen kerumahsakitan (bukan sebagai tenaga fungsional) minimal 2 tahun dibuktikan dengan surat keterangan dari Direktur Rumah Sakit.
  • Bila belum memenuhi persyaratan tersebut, yang bersangkutan harus bersedia mengikuti program magang di Rumah Sakit selama 1 tahun (pada saat semester 1-2)
    Minat Studi Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan (MPKPK) : Semua calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, wajib mengikuti matrikulasi sebelum perkuliahan dimulai.
28. Kajian Sastra dan Budaya
    Lulusan Prodi S-1 :
  • Sastra
  • Bahasa
  • Humaniora
  • Ilmu Sosial
  • Ilmu Budaya
  • Kependidikan (semua bahasa dan /atau sastra)
29. Kajian Hak Atas Kekayaan Intelektual
    Bagi advokat yang akan mendaftar harus disertai dengan fotokopi surat ijin praktek yang masih berlaku.

TATA CARA PENDAFTARAN PROGRAM MAGISTER

Alur Pendaftaran Online 2014 << klik

Untuk pendaftaran Online silahkan kunjungi website : pendaftaran.unair.ac.id
Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg/pdf):
  1. Ijazah S1 Asli
  2. Bagi lulusan 2014 dapat menyertakan SKL, tapi harus mengisi form pernyataan ijazah >> download
  3. Transkip S1 Asli
  4. Akreditasi Prodi S1 dari Ban-PT
  5. Kartu Identitas Diri ( KTP / SIM atau Passport );
  6. Satu lembar pasfoto 4 x 6 Berwarna;
  7. Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Biodata Pendaftaran Online dan File yang diupload >> Download
  8. Form Rekomendasi dari dua orang yang pernah membimbing dalam studi dan atau atasan kecuali bagi calon peserta yang memilih program studi Magister Kenotariatan, Magister Hukum atau Magister Sains Hukum dan Pembangunan;
  9. Surat Pernyataan SP3 yang telah Diisi dan Bermaterai (Semua Program Studi);

  10. Karya ilmiah yang dihasilkan selama 5 tahun terakhir (Cover Judul,Daftar Isi,Pendahuluan)(apabila ada), terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu yang sedang/akan dikembangkan, kecuali bagi calon peserta yang memilih program studi Magister Manajemen, Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Hukum atau Magister Sains Hukum dan Pembangunan;
  11. Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung bagi calon yang berstatus PNS atau masih aktif bekerja, atau dari Rektor bila calon berasal dari Perguruan Tinggi;
  12. Bukti Penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri;
  13. Surat ijin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi calon mahasiswa asing;

  • Berkas/Dokumen Online/Syarat khusus untuk prodi tertentu :
    No. Program Studi Berkas Online yang harus diupload
    1. Magister Manajemen
    1. Pasphoto 4 x 6 berwarna background merah
    2. Surat keterangan pengalaman bekerja / Keterangan Usaha (SIUP)
    3. 2 (dua) buah surat rekomendasi
    4. Menyusun karangan pendek (tidak kurang dari 300 kata) tentang (pilih salah satu) : 1. Makna Sukses bagi saya. 2.Persoalan bisnis terbesar saat ini
    5. Fotocopy Sertifikat TOEFL (Institusional / Internasional) (bila ada)
    6. Membawa 2 (dua) lembar materai Rp. 6000 saat wawancara
    7. Setelah peserta menerima pemberitahuan verifikasi lengkap semua berkas diserahkan ke Gedung Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis JL. AIRLANGGA 4-6 Surabaya pada hari kerja jam 08-00- 20.00 WIB / paling lambat tgl 6 Juni 2014 pkl.16.00(Telp.031-5011956/7 ext.204)
    2. Ilmu Kesehatan Masyarakat
    1. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon mahasiswa tidak tuna daksa/netra/rungu/wicara dan tidak buta warna total/parsial
    3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
    1. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon mahasiswa tidak tuna daksa/netra/rungu/wicara dan tidak buta warna total/parsial
    4. Kesehatan Lingkungan
    1. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon mahasiswa tidak tuna daksa/netra/rungu/wicara dan tidak buta warna total/parsial
    5. Keperawatan
    1. Surat keterangan berkerja di bidang keperawatan
    6. Magister Profesi Psikologi
    1. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon mahasiswa tidak buta warna/trikomasi/dikromasi/monokromasi, tidak "low vision"
    2. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon mahasiswa memiliki pendengaran normal (tidak "hearing impairment dan deaf")

  • Berkas yang tidak lengkap tidak diproses. Tidak dilakukan surat menyurat

  • Untuk berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online silahkan kunjungi facebook kami di : facebook.com/groups/ppmb.unair/
    atau twitter di @ppmbunair
    SMS : 081335356122
    1. Biaya pendaftaran S2 Pascasarjana Non Magister Profesi Psikologi sebesar Rp.700.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
    2. Biaya pendaftaran bagi perserta yang berasal dari luar negeri sebesar Rp.1.500.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
    3. Sedangkan Biaya pendaftaran Magister Profesi Psikologi sebesar Rp.1.000.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
    4. Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan Strata Magister (Rp.700.000,-) tekan ok dst....

    Bagi yang mengajukan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPDN) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi:

    1. Untuk informasi persyaratan dan prosedur pendaftaran BPPDN, dapat diakses melalui website http://beasiswa.dikti.go.id/dn/
    2. Untuk pendaftar BPPDN Tahun 2013 di Unair dapat dilaksanakan secara online di http://beasiswa.unair.ac.id

    MATERI UJIAN PROGRAM MAGISTER

    Materi Ujian untuk Program MAGISTER Non Fakultas Hukum terdiri dari :

    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran

    • BHS.INGGRIS

    • WAWANCARA

    MATERI UJIAN PROGRAM MAGISTER PROFESI PSIKOLOGI

    Materi Ujian terdiri dari :

    • PSIKOTES
    • TES KEMAMPUAN DASAR PSIKOLOGI
    • WAWANCARA
    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran
    • BHS.INGGRIS


    MATERI UJIAN PROGRAM MAGISTER ILMU HUKUM, KENOTARIATAN, SAINS HUKUM PEMBANGUNAN

    Materi Ujian terdiri dari :

    • Bidang Ilmu :
      • Bid.Ilmu Magister Ilmu Hukum :
        • ILMU HUKUM : (ILMU HUKUM)
        • BISNIS : (ILMU HUKUM, HK.PERDATA & HK.PERUSAHAAN)
        • PEMERINTAHAN : (ILMU HUKUM, HK.ADMINISTRASI & HK.OTONOMI DAERAH)
        • PERADILAN : (ILMU HUKUM, HK. DASAR LITIGASI & NON LITIGASI)
      • Bid. Ilmu Magister Kenotariatan :
        • ILMU HUKUM, HK.PERDATA, HK. AGRARIA, HK.PERSEROAN

      • Bid. Ilmu Magister Sains Hukum dan Pembangunan :
        • Pengetahuan Dasar Hukum

    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran

    • BHS.INGGRIS

    • WAWANCARA

    KELENGKAPAN UJIAN
    • Kartu Tanda Peserta
    • Peralatan tulis
      • Pensil 2B
      • Karet penghapus
      • Bolpoin
      • Peraut pensil
    Registrasi
    • Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
    • Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
    • Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
    • Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
    • Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
    • Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.